Popular Posts

Apa Yang Terbaru

INDUSTRI MABEL


 CV. JATI JAYA 


CV Jati Jaya yang terletak di Ds.caricangkas rt/rw 04/03 Desa karyamukti kec.tomo kab.sumedang merupakan usaha turun temurun dan berdiri sejak tahun 2006 sampai sekarang. Bahan produksi yang digunakan adalah dengan bahan-bahan kayu terbaik dan terpilih seperti kayu jati dan mahoni hal ini dilakukan guna menghasilkan produk yang berkualitas, bahan tersebut di dapat dari pemasok atau membeli dari perum perhutani di dalam atau luar daerah Sumedang. Proses pengerjaan dilakukan secara manual adapun alat yang digunakan adalah gergaji dan kikir, ketam, penggaris siku, pensil atau alat penanda, meteran atau alat ukur, pahat kayu berbagai ukuran. Dengan jumlah tenaga kerja 15 orang, dengan proses pembuatan sebagai berikut:
1.      Siapkan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan dalam keadaan tajam dan siap untuk digunakan.
2.      Ketam bahan yang akan digunakan.
3.      Potong kayu atau bahan sesuai dengan ukuran yang ada.
4.      Buat rencana sambungan (sesuaikan pada gambar)
a.       Buat lubang pada balok yang akan menjadi sambungan dengan menggunakan pahat ukuran kurang lebih 1 cm.
b.      Satukan kayu atau kaki-kaki yang telah dibuat sambungan kemudian pasang papan diatas kaki-kaki untuk duduk dan sandaran belakang.
5.      Agar kursi lebih kuat maka sambungan-sambungan pada kursi atau meja dipaku/menggunakan pasak kayu dan lem.
6.      Amplas seluruh kayu yang telah dibentuk kursi atau meja bila pelu gunakan dempul.
7.      Untuk memperindah kursi setelah diampelas sebaiknya kursi atau meja di cat atau di plitur. Setelah cat atau plitur kering kursi atau meja siap digunakan.

Tahapan dalam produksi furniture CV Jati Jaya sebagai berikut :
1)      Proses pemotongan dan pengelupasan kulit 
      

2)      Pengrautan 

3)      Pemotongan dan pembentukan meja atau kursi

4)      Barang setengah jadi

5)      Tahap  pengeleman

6)      Tahap pengecatan

7)      Tahap akhir (Finishing)

Dalam proses pemasaran CV ini masih belum sampai ke luar pulau jawa dikarenakan dalam proses pemasarannya hanya menunggu pemesanan dari konsumen sehingga retribusi yang dilakukan masih dalam lingkungan pulau jawa.
Pada permasalahan ini kami mencoba melakukan perluasan dalam pemasaran terutama pada CV Jati Jaya dengan cara pemasaran secara online atau dengan menggunakan web.Tingginya angka pengguna internet serta kemudahan mengaksesnya.kami memutuskan untuk melakukan pemasaran secara online.Dengan cara seperti ini masyarakat dapat menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan CV tersebut di masyarakat dan juga menyediakan informasi mengenai CV secara lengkap,dan juga dapat berinteraksi dengan konsumen secara langsung tanpa harus bertatap muka,besar kemungkinan pemasaran pada CV tersebut akan semakin meluas.
Manfaat pemasaran melalui website antara lain :
1.      Memberikan informasi terbaru terhadap pelanggan
2.      Mudah dijangkau
3.      Meungkinkan target pemasaran yang lebih luas.

0 komentar:

Posting Komentar